10 Fenomena aneh di dalam otak manusia

10 Fenomena aneh di dalam otak manusia



Hingga sekarang ini ada banyak mysteri yang belum tersingkap dari pikiran kita. Beberapa pakar memanglah dapat menuturkan fenomena-fenomena aneh dari pikiran kita namun masih tetap belum tahu dari tempat mana asal seluruhnya itu. Mungkin saja kalian pernah alami sebagian fenomena dibawah ini.

1. Déjà Vu
Déjà Vu yaitu perasaan saat kita meyakini pernah alami atau melihat satu peristiwa pada awal mulanya, anda terasa momen itu telah pernah berlangsung serta berulang lagi. Hal semacam ini diikuti dengan perasaan familiar yang kuat, takut serta terasa aneh. Terkadang “kejadian sebelumnya” itu dihubungkan dengan mimpi, namun terkadang juga muncul perasaan yang mantap bila peristiwa itu betul-betul berlangsung di saat lantas.

2. Déjà Vécu
Déjà Vécu yaitu perasaan yang lebih kuat dari Déjà Vu. bila Déjà Vu kita terasa telah pernah lihat peristiwa pada awal mulanya, namun dalam Déjà Vécu kita bakal tahu momen itu tambah lebih detil, seperti mengingat bau serta suara-suara pada peristiwa itu.

3. Déjà Visité
Déjà Visité yaitu perasaan yg tidak umum di mana kita terasa mengetahui satu tempat walau sebenarnya pada awal mulanya kita tak pernah mengunjugi tempat itu. Bila Déjà vu terkait dengan momen, sedang Déjà Visité terkait dengan tempat atau geografi. Nathaniel Hawthorne dalam bukunya yang berjudul “Our Old Home” bercerita waktu dia berkunjung ke reruntuhan suatu kastil, mendadak terasa bila dia telah sangatlah mengetahui layout dari kastil yang baru pertama kali dia datangi itu. Terakhir dia sadar bila bertahun-tahun pada awal mulanya dia pernah membaca puisi karangan Alexander Pope yang melukiskan dengan detil kastil itu.

4. Déjà Senti
Déjà Senti yaitu fenomena “pernah merasakan” suatu hal. Peristiwanya misalnya seperti ini : “Kamu terasa pernah menyampaikan suatu hal, dibenak anda menyampaikan, “Oh iya saya ngerti! ” atau “Oh iya saya ingat! ” namun 1 atau 2 menit lalu anda bakal sadar bila anda sesungguhnya tak pernah menyampaikan apa-apa”.

5. Jamais Vu
Jamais Vu (tak pernah lihat/alami) yaitu kebalikan dari déjà vu. Jadi anda tak mengetahui suatu kondisi walau sebenarnya anda meyakini sekali bila pada awal mulanya anda pernah ada di situ. Bingung? Begini gampangnya : anda mendadak tak mengetahui orang, kalimat, atau tempat yang pada awal mulanya kamu paham.kamu mengerti. Pada percobaan yang dikerjakan Chris Moulin pada 92 orang yang diminta menulis kata “pintu” 30 kali kurun waktu 60 detik nyatanya 68 orang alami tanda-tanda Jamais Vu, yakni terasa bila “pintu” itu bahkan juga bukanlah adalah suatu kata. Ya Jamais Vu didiagnosis lantaran “kelelahan otak”.

6. Presque Vu
Presque Vu yaitu perasaan yang kuat bila anda bakal alami epiphany. Epiphany sangatlah tidak sering berlangsung. Presque Vu berarti “hampir melihat” serta sensasinya dapat sangatlah membingungkan serta aneh.

7. L’esprit de l’Escalier
L’esprit de l’Escalier yaitu waktu kita terasa dapat lakukan suatu hal yang tambah baik pada suatu kondisi sesudah momen itu berlangsung. Misalnya begini : Anda seseorang pemain sepak bola, waktu sepakan penalti anda menendang bola ke samping kiri serta nyatanya sukses diblok penjaga gawang. Mendadak pikiran anda menyampaikan, “Ahh, saya sebenernya tadi telah meyakini bila nendang ke kanan pasti gol! ” Jadi L’esprit de l’Escalier yaitu rasa penyesalan tak bertindak yang berlawanan dari satu momen pada awal mulanya.

8. Capgras Delusion
Capgras Delusion yaitu fenomena di mana kita terasa meyakini bila keluarga atau sahabat kita sebenernya yaitu orang lain yang wujudnya sama persis. Seperti cerita-cerita di film Alien di mana badan manusia di ambil alih oleh makhluk luar angkasa supaya dapat hidup berdampingan dengan manusia umum. Impian ini umum berlangsung pada pasien schizophrenia atau kelainan mental lain.

9. Fregoli Delusion
Fregoli Delusion yaitu fenomena otak yang sangatlah tidak sering berlangsung. Orang yang alami Fregoli Delusion sangatlah yakin bila sebagian orang yang dia kenal sesungguhnya yaitu satu orang yang lakukan beragam penyamaran. Fregoli datang dari nama aktor Italia “Leopoldo Fregoli” yang dapat lakukan mengubah tampilan dengan cepat dalam pertunjukannya.

10. Prosopagnosia
Prosopagnosia yaitu fenomena di mana seorang kehilangan kekuatan untuk mengetahui muka orang atau benda lain yang semestinya mereka kenal. Orang yang alami ini umumnya memakai indera lain untuk mengingat orang itu, seperti bau minyak wangi, style bicara atau cara jalan orang itu. Misal yang paling populer dari masalah ini dipublikasikan oleh Michael Nyman dalam bukunya yang berjudul “The man who mistook his wife for a hat”.

wdcfawqafwef